Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Menikmati Sepekan Penuh Gastronomi Cita Rasa Prancis

Jakarta (ANTARA) – Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Institut Français Indonésie (IFI), dan Business France Indonesia didukung oleh Disciples d’Escoffier Indonesia untuk pertama kalinya menyelenggarakan pekan gastronomi Prancis di Indonesia dengan tema “Le Goût de France – Cita rasa Prancis, j’adore!” pada tanggal 12-19 Oktober 2023.

Seni kuliner Prancis sering kali dikenal melalui restoran-restoran ternama dan eksklusif. Namun, restoran sejenis bistro dan brasserie, toko roti dan kue, serta kafe juga menawarkan produk dengan harga terjangkau.

Gastronomi Prancis juga termasuk masakan keluarga dengan resep yang diwariskan secara turun temurun. Seperti di Indonesia, keramahan, kegembiraan berbagi, pertukaran, dan keingintahuan menjadi inti dari hidangan Prancis. Seni kuliner Prancis diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda manusia sejak tahun 2010.

“Pekan gastronomi ini menjadi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal keragaman gastronomi Prancis dan mempromosikan pertukaran kuliner dan budaya antara Prancis dan Indonesia,” kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Fabien Penone, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Pekan gastronomi Prancis di Indonesia melibatkan lebih dari 150 restoran dan lembaga mitra di seluruh Nusantara, termasuk Jakarta, Bandung, Bogor, Jambi, Seminyak, Denpasar, Sanur, Ubud, Makassar, Medan, Pasuruan, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta.

Selama seminggu, berbagai acara akan diselenggarakan, seperti menu ala Prancis yang ditawarkan di restoran mitra, perlombaan, pemutaran film, pertemuan dan diskusi, serta kelas memasak. Ada 15 demo memasak yang akan diadakan di sejumlah sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi. Terakhir, telah diluncurkan kompetisi resep Prancis terbaik tingkat nasional di Instagram. Lomba ini terbuka untuk siapa saja.

Sepuluh pembuat video terbaik akan diundang ke grand final yang akan diadakan di Jakarta pada tanggal 19 Oktober 2023. Pada kesempatan tersebut, dewan juri yang terdiri dari chef dari Prancis dan Indonesia, termasuk Gilles Marx sebagai Ketua Himpunan Murid Escoffier Indonesia, akan menentukan pemenangnya.

Hadiah utama adalah perjalanan ke Prancis untuk merasakan kuliner khas Prancis (termasuk tiket pesawat pulang-pergi, uang saku, akomodasi selama satu minggu, dan visa).

Sumber: ANTARA

Exit mobile version