Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Tantangan Strategis Nasional – prabowo2024.net

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku 1 Kepemimpinan Militer: catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto]

Tantangan-tantangan Strategis Nasional yang Harus Dihadapi Indonesia

Bangsa Indonesia dihadapkan pada beberapa tantangan besar yang spesifik, selain tantangan-tantangan strategis global seperti perubahan iklim, konflik geopolitik, dan semakin merebaknya kecerdasan buatan. Salah satunya adalah kenyataan bahwa bonus demografi yang dimiliki oleh Indonesia akan segera berakhir. Selain itu, kekayaan Indonesia masih terus mengalir ke luar negeri atau terjadi net outflow of national wealth. Ekonomi yang masih belum adil dan belum merata serta demokrasi yang dipengaruhi oleh kuasa uang juga menjadi tantangan besar yang harus diatasi.

Bonus demografi merupakan kekuatan Indonesia, namun tidak selamanya kondisi ini akan bertahan. Dengan perlambatan penambahan penduduk, jumlah penduduk muda Indonesia akan terus berkurang. Menurut Bappenas, dalam 13 tahun ke depan, usia median penduduk Indonesia tidak lagi muda. Hal ini menunjukkan bahwa terbatasnya waktu bonus demografi yang dimiliki Indonesia.

Sejarah ekonomi menunjukkan bahwa negara akan sulit menjadi kaya dan makmur jika usia median populasinya sudah tua dan tidak produktif. Saat ini Indonesia berada dalam kategori negara dengan pendapatan menengah namun ingin menjadi negara dengan pendapatan tinggi. Hal ini mengharuskan Indonesia untuk cepat keluar dari perangkap negara menengah (middle income trap) agar tidak mengalami nasib yang sama dengan Thailand yang sudah resmi menjadi negara tua sebelum kaya.

Kemampuan Indonesia untuk menghadapi dan mengatasi tantangan-tantangan strategis global dan nasional akan menjadi faktor penentu dalam perjalanan menuju negara maju dan sejahtera.

Sumber: https://prabowosubianto.com/tantangan-strategis-nasional/

Source link

Exit mobile version