Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Bangladesh’s Liberation – prabowo2024.net

Artikel ini ditulis oleh Mayor Jenderal Sukhwant Singh dan diambil dari Buku 2 Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto. Artikel ini memuat tentang strategi dan kemampuan Angkatan Darat India yang sangat vital dalam mempertahankan kedaulatan dan keamanan India.

Angkatan Darat India adalah tentara terbesar ketiga di dunia dengan 1,3 juta prajurit. India memiliki perbatasan darat 3300 KM dengan Tiongkok, dan 4000 KM dengan Bangladesh. Sejak kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1947, Angkatan Darat India telah menghadapi setidaknya lima konflik besar.

Buku yang ditulis oleh Mayor Jenderal Sukhwant Singh ini fokus ke taktik dan strategi AD India di Perang Pembebasan Bangladesh. Perang ini dipicu oleh aksi kelompok separatis “Mukti Bahini” di provinsi Pakistan Timur untuk mendirikan negara independen. AD India beraliansi dengan Mukti Bahini untuk mencegah krisis kemanusiaan berlanjut, dan berhasil menggunakan intelijen lapangan untuk mengetahui kekuatan tentara Pakistan.

Dengan informasi yang akurat mengenai jumlah pasukan dan kemampuan logistik Pakistan, dibantu dengan blokade udara dan air oleh AL dan AU India, AD India berhasil memaksa tentara Pakistan menyerahkan 93.000 tentaranya ke India. Keberhasilan dalam strategi ini menunjukkan pentingnya penggunaan intelijen lapangan dan pemantauan terhadap kekuatan musuh dalam sebuah konflik militer.

Source link