Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Pejuang Nasional Teuku Umar – Situs Prabowo2024

Kepemimpinan dalam Sejarah: Kisah Teuku Umar

Sejarah telah membuktikan bahwa kunci keberhasilan suatu bangsa terletak pada kepemimpinan. Prabowo Subianto, dalam bukunya “Kepemimpinan Militer 1: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto”, menyatakan bahwa di tentara, ada pepatah yang berlaku sepanjang sejarah: “there are no bad soldiers, only bad commanders.” Artinya, tidak ada prajurit yang jelek, hanya ada komandan yang jelek.

Salah satu contoh cerita kepemimpinan yang cerdas adalah kisah Teuku Umar pada masa penjajahan Nusantara. Teuku Umar, lahir di Meulaboh, Aceh Barat pada tahun 1854, dikenal sebagai anak cerdas, pemberani, dan memiliki sifat keras serta pantang menyerah dalam menghadapi persoalan.

Pada usia 19 tahun, Teuku Umar ikut bertempur melawan Belanda saat dimulainya agresi pertama Belanda pada tahun 1873. Pada usia 29 tahun, ia bahkan berpura-pura menjadi antek Belanda dan masuk dinas militer untuk kemudian membalikkan serangan terhadap Belanda.

Perlawanan Teuku Umar terhadap Belanda semakin terasa ketika ia berhasil membawa pasukannya beserta senjata dan perlengkapan perang dari Belanda. Namun, setelah bertahun-tahun berperang melawan Belanda, Teuku Umar akhirnya terdesak dan gugur dalam pertempuran di pinggiran Kota Meulaboh.

Kisah Teuku Umar menjadi inspirasi tentang kecerdasan dan keteguhan dalam kepemimpinan. Seperti yang dikatakan Prabowo Subianto, sejarah terus membuktikan bahwa kepemimpinan adalah faktor kunci dalam menentukan keberhasilan suatu bangsa.
Sumber: https://prabowosubianto.com/pejuang-nasional-teuku-umar/

Source link

Exit mobile version