Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Tantangan Global yang Meningkat: Tantangan Strategis Bangsa [Meningkatnya Populasi]

Tantangan Global yang Meningkat: Tantangan Strategis Bangsa [Meningkatnya Populasi]

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku Strategi Transformasi Bangsa]

Meningkatnya Populasi

Dengan jumlah penduduk hampir mencapai 280 juta, Indonesia saat ini menduduki posisi keempat sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia.

Namun, dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,1% setiap tahun, Indonesia akan segera kehilangan posisinya kepada Nigeria yang diprediksi akan memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak.

Pada tahun 2045, diperkirakan jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 324 juta jiwa. Hal ini berarti dalam 20 tahun akan terjadi penambahan sebanyak 44 juta jiwa, hampir sama dengan jumlah penduduk Provinsi Jawa Barat.

Dengan pertumbuhan jumlah penduduk dunia dan Indonesia, diperlukan tambahan produksi pangan sebesar 56% untuk dapat memenuhi kebutuhan bagi populasi dunia yang diperkirakan akan mencapai 10 miliar pada tahun 2050. Untuk mencapai tambahan kebutuhan ini, diperlukan luas lahan pertanian yang setara dengan dua kali lipat luas negara India. Pemenuhan kebutuhan pangan untuk semua akan menjadi sangat menantang.

Dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan iklim, negara-negara akan semakin memprioritaskan produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Hal ini menandakan bahwa Indonesia membutuhkan swasembada pangan dengan urgensi yang semakin tinggi.

Tidak hanya itu, kita juga harus menyediakan lapangan kerja, sekolah, rumah sakit, sanitasi, rumah, dan infrastruktur pendukung lainnya agar seluruh penduduk Indonesia dapat hidup dengan layak. Tantangan ini bukanlah hal yang mudah.

Sumber: https://prabowosubianto.com/tantangan-strategis-global-meningkatnya-populasi/

Source link

Exit mobile version