Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

China dan Jepang menyambut kedatangan Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih

China dan Jepang menyambut kedatangan Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto diterima China dan Jepang sebagai presiden terpilih Indonesia. Presiden China Xi Jinping menerima Prabowo pada Senin (1/4/2024) di Beijing, China. Dalam pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri China, Prabowo disebut sebagai presiden terpilih RI dan Ketua Umum Gerindra.

Dalam pertemuan, Prabowo menyampaikan salam Presiden Joko Widodo dan mengaku senang menjadikan China sebagai negara pertama yang disambangi setelah menang pemilu. Ia juga menyatakan dukungan pada hubungan Indonesia-China yang lebih dekat dan akan meneruskan kebijakan bersahabat terhadap China.

China siap mendalamkan kerja sama strategis di segala arah dengan Indonesia, termasuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Xi Jinping mengulangi ucapan selamat atas kemenangan Prabowo dalam pemilu dan berharap Prabowo dapat menyampaikan salam hangatnya untuk Presiden Joko Widodo.

Setelah pertemuan dengan Xi, Prabowo dijadwalkan akan melawat ke Jepang. Kedutaan Besar Jepang di Jakarta mengkonfirmasi rencana kunjungan tersebut. Prabowo dijadwalkan bertemu dengan para pejabat pemerintah Jepang, termasuk Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, untuk memperkuat kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

Media China, Global Times, menyebut penyambutan bagi Prabowo tidak lazim karena tidak biasanya China mengundang presiden terpilih. Kunjungan Prabowo dipandang sebagai tanda Indonesia akan mempertahankan kebijakan bersahabat dengan China dan menghindari berpihak di tengah ketegangan geopolitik.

Di era Prabowo, Indonesia diharapkan akan membidik kerja sama teknologi tinggi dengan China. Indonesia ingin mendapat tempat di rantai pasok industri teknologi tinggi, sehingga kerja sama dengan China menjadi kebutuhan. Prabowo juga memahami pentingnya stabilitas kawasan dan tidak ingin Asia Tenggara menjadi ajang perlombaan senjata.

China mengakui peran penting Indonesia di era Prabowo dengan undangan ke Beijing. Wakil Menlu China Sun Weidong, Duta Besar China di Jakarta Lu Kang, dan Atase Pertahanan KBRI Beijing Brigadir Jenderal Benny Nadeak ikut menyambut kedatangan Prabowo. Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun, juga menyambut Prabowo di hotel tempatnya menginap di Beijing.

Source link