Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Kapolda Riau Bongkar Jaringan Peredaran 107 Kg Sabu, Kampung Narkoba Dikepung!

Pekanbaru – Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal telah mengungkap tangkapan 107 Kg sabu dan lebih dari 2 ribu ekstasi selama Ramadan 2024 ini. Kapolda menginstruksikan untuk membersihkan kampung-kampung narkoba.

Penangkapan ini diumumkan di halaman Polda Riau Jalan Pattimura. Hadir dalam acara tersebut Direktur Narkoba Kombes Manang Soebeti, Kepala BNNK Pekanbaru Kombes Berliando, Kabid Humas Kombes Herry dan sejumlah pejabat di Riau.

Irjen Iqbal menyatakan bahwa pengungkapan kasus ini tak terlepas dari operasi Direktorat Narkoba dan Satnarkoba Polres di jajaran Polda Riau, khususnya selama bulan Ramadan.

“Sebelum Ramadan, saya telah memerintahkan Operasi Tertib Ramadan yang ditingkatkan. Tujuannya adalah agar bulan penuh berkah ini bersih dari narkoba dan hal-hal yang tidak diinginkan, semua orang bekerja,” ujar Irjen Iqbal, Jumat (5/4/2024).

Dalam operasi pembersihan narkoba, tim berhasil menggagalkan peredaran 107 Kg sabu dan ekstasi. Semua ini diungkap oleh jajaran Polda Riau.

“Ikrar 8 kasus dengan 17 tersangka. Total barang bukti yang ditampilkan ada 107,7 Kg. Juga ada 2.736 butir ekstasi, serta ganja 200-an gram,” kata Iqbal.

Iqbal menegaskan bahwa akan terus menindak tegas peredaran narkoba, terutama jika pelaku membahayakan petugas dan masyarakat di lokasi penangkapan.

“Tidak akan ada ampun bagi pengedar narkoba, jika membahayakan nyawa petugas, saya perintahkan tindakan tegas bahkan hingga harus mati. Saat ada ancaman, kita berhak untuk menghentikan mereka,” tegas Iqbal.

Selama Ramadan, Iqbal meminta seluruh personel untuk siaga dan hadir di tengah-tengah masyarakat, serta melakukan sosialisasi untuk mencegah godaan narkoba.

“Khusus untuk narkoba, kita harus memastikan tidak ada peredaran narkoba. Jika ada kampung narkoba, kita harus menghancurkannya. Jangan ada kampung narkoba karena hal ini membuat kita malu,” kata Iqbal.

Sementara Direktur Narkoba Polda Riau, Manang Soebeti mengungkap bahwa di Pekanbaru pihaknya berhasil membongkar jaringan Iwan Kota. Ice, panggilan akrab dari Iwan Kota, menjadi pemasok narkoba di wilayah Pangeran Hidayat dan Jalan Agus Salim.

“Dengan arahan Kapolda, kerjasama semua pihak akhirnya berhasil membongkar jaringan dan menangkap Iwan Kota, pemasok di Pangeran dan pengedar utama di Jalan Agus Salim,” ujar Manang.

Dari Iwan Kota, polisi berhasil menyita 10 Kg sabu dan uang tunai Rp 200 juta, serta transaksi miliaran dari barang haram asal Malaysia.

“Dari Iwan, kami mendapatkan 10 Kg sabu, uang Rp 200 juta, dan transaksi total lebih dari Rp 10 miliar hanya dari bulan Januari hingga Maret. Masih ada tersangka lain yang kami kejar,” kata Manang yang didampingi Kasubdit I AKBP Bobby Putra Subayang dan Kasubdit II Kompol Rian Fajri.

Sumber: https://www.detik.com/sumut/hukum-dan-kriminal/d-7279663/bongkar-peredaran-107-kg-sabu-kapolda-riau-kampung-narkoba-sikat/amp

Source link

Exit mobile version