Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Hari Ini Menhub Akan Bahas Usul WFH untuk Mengatasi Arus Balik

Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan membahas usulan penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk mengatasi kepadatan arus balik. Keputusan terkait WFH ini akan diputuskan hari ini.

“Jadi insyaallah hari ini ada pembahasan WFH, jadi kita tunggu. Termasuk scope-nya seperti apa,” kata Budi kepada wartawan, Sabtu (13/4/2024).

Budi yakin kementerian dan lembaga terkait akan kompak terkait hal ini. Pihaknya telah berkoordinasi di bawah Menko PMK.

“Tapi, kalau kita melihat apa yang terjadi dari beberapa kesempatan, kementerian dan lembaga yang membidangi mudik ini kompak. Jadi kita sudah berkoordinasi di bawah Menko PMK,” katanya.

Oleh karena itu, usulan mengenai WFH ini akan diputuskan hari ini, termasuk terkait anak-anak sekolah.

“Jadi insyaallah itu diputuskan bahwa itu termasuk anak-anak, kita tunggu,” katanya.

Sebelumnya, Budi telah mengusulkan penerapan kebijakan WFH bagi pekerja pada Selasa dan Rabu pekan depan. Usulan itu bertujuan untuk mencegah kepadatan lalu lintas arus balik Lebaran 2024.

“Kita sedang mau usulkan ke Pak Presiden (Joko Widodo atau Jokowi) untuk work from home di hari Selasa-Rabu,” kata Budi Karya, Kamis (11/4/2024).

Budi mengatakan bahwa puncak arus balik Lebaran 2024 diperkirakan terjadi pada Minggu (14/4) dan Senin (15/4). Oleh karena itu, penerapan WFH dapat membantu mengurangi kepadatan kendaraan saat pemudik pulang.

“Nah, kita melihat bahwa waktu ini sangat singkat dibandingkan dengan waktu mudik. Oleh karena itu, kita akan melakukan manajemen agar ini lebih lancar,” ucapnya.

Video: Arus Balik di GT Cikampek Utama

(rdp/imk)