Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Arus Balik di Terminal Mengwi Bali Masih Belum Mencapai Tingkat Signifikan

Pengelola Terminal Tipe A Mengwi di Kabupaten Badung, Bali, menyatakan bahwa jumlah penumpang arus balik Lebaran 2024 pada Sabtu masih belum signifikan karena masih didominasi oleh keberangkatan penumpang.

Pengawas Terminal Mengwi, Ardani Nirwesti, memperkirakan bahwa arus balik akan terjadi pada akhir pekan ini hingga Senin (15/4/2024) seiring dengan berakhirnya libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 H. Meskipun demikian, berdasarkan data yang dihimpun oleh pengelola Terminal Mengwi, jumlah penumpang yang tiba pada H4 Lebaran 2024 lebih rendah dibandingkan dengan jumlah penumpang yang berangkat.

Berdasarkan data pergerakan penumpang pada Jumat (12/4), sebanyak 915 penumpang berangkat dari Terminal Mengwi dengan menumpangi 36 unit bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Sementara itu, jumlah penumpang yang tiba di Mengwi, Bali atau arus balik mencapai 601 orang yang diangkut menggunakan 31 bus AKAP.

Secara akumulasi, jumlah penumpang yang berangkat dari tanggal 4-12 April mencapai total 18.200, yang terdiri dari penumpang mudik dan wisatawan yang menggunakan total 609 unit bus. Puncak arus mudik sesuai perkiraan pengelola terminal terjadi pada Sabtu (6/4) dengan mengangkut 2.932 orang pemudik menggunakan 97 unit bus AKAP. Sedangkan jumlah penumpang yang tiba di Terminal Mengwi dari tanggal 4 April hingga 12 April mencapai 8.732 orang yang diangkut menggunakan 407 unit bus.

Jumlah arus penumpang baik yang datang maupun berangkat melalui terminal tersebut mencapai 700-800 orang per hari jika dibandingkan dengan hari biasa. Secara administrasi, Terminal Mengwi dilayani oleh 148 armada bus yang dioperasikan oleh 28 perusahaan otobus.

Terminal Mengwi juga membuka posko terpadu angkutan Lebaran yang beroperasi sejak 3 April hingga 18 April 2024, yang bertugas memberikan layanan kepada pemudik dan informasi oleh kepolisian, TNI, Jasa Raharja, Kemenhub, hingga dinas pemerintah dan instansi terkait lainnya.

Exit mobile version