Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Erupsi Gunung Ruang Memengaruhi 47 Rute Penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado

Gunung Ruang Meletus, 47 Rute Penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado Terdampak

Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara, masih ditutup pada Jumat, 19 April 2024. Penerbangan terdampak oleh abu vulkanik dari letusan Gunung Ruang. Ribuan penumpang tidak dapat berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado akibat dampak semburan abu vulkanik Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Sebanyak 6.165 penumpang harus menunda keberangkatannya.

“Ada sebanyak 47 rute penerbangan yang terdampak hingga hari kedua ini,” kata GM Bandara Samrat Maya Damayanti di Manado pada Jumat (19/4/2024). Maya mengatakan, total ada 47 penerbangan dengan tujuan Jakarta, Surabaya, Sorong, Balikpapan, dan beberapa penerbangan internasional ditunda hingga hari kedua letusan Gunung Ruang. Penumpang yang terdampak diimbau untuk segera melakukan reschedule atau refund di layanan pelanggan di lobi keberangkatan.

“Kami berharap penumpang bersabar dalam situasi ini karena demi keselamatan penerbangan, dan kami akan terus memberitahukan setiap perkembangan terbaru,” ujarnya. Penutupan operasional Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi diperpanjang hingga pukul 18.00 WITA pada Jumat (19/4/2024) berdasarkan pertimbangan masih adanya abu vulkanik di jalur penerbangan, dan hasil uji kertas menunjukkan positif Volcanic Ash (VA).

Sebelumnya, penutupan operasional bandara berdasarkan informasi dari ASHTAM dengan nomor VAWR7240 dilakukan mulai Rabu, 17 April pukul 19.26 WITA. Penutupan tersebut berlaku hingga Kamis, 18 April pukul 19.26 WITA.