Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Petir dan Hujan Membinasakan Sebagian Ibu Kota Indonesia Hari Ini

BMKG memperkirakan hujan disertai petir akan menghantam sebagian wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Kamis (2/5/2024). Ibu kota provinsi yang berpotensi hujan petir di siang hari ini antara lain Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Pontianak, Banjarmasin, Tanjung Pinang, dan Padang.

Pada malam hari, wilayah Jakarta Pusat, Padang, Bengkulu, dan Palembang juga diprediksi akan mengalami hujan petir. Kota Medan diprediksi akan hujan dengan intensitas lebat di siang hari.

Beberapa wilayah diprediksi akan mengalami hujan ringan, seperti Banda Aceh, Palangkaraya, Kota Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, dan Manado. Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan akan melanda Kendari dan Bandung.

Sementara itu, beberapa wilayah diprediksi akan berawan, antara lain Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Semarang, Bandar Lampung, Ternate, Mataram, Mamuju, dan Palembang.

Samarinda, Pangkal Pinang, dan Ambon diprediksi akan berawan tebal, sedangkan Kupang, Tarakan, dan Denpasar diprediksi cerah berawan. Kota Surabaya diprediksi akan cerah dengan suhu 26-35 derajat Celcius.

Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, menyatakan bahwa sekitar 63 persen wilayah zona musim diprediksi akan memasuki awal musim kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024. BMKG juga mengidentifikasi potensi peningkatan curah hujan secara signifikan di beberapa wilayah seperti Sumatra, Jawa bagian barat dan tengah, sebagian Kalimantan dan Sulawesi, Maluku, dan sebagian besar Papua.

Potensi hujan signifikan ini disebabkan oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Kelvin, dan Rossby Equatorial, serta suhu muka laut yang hangat di sekitar perairan Indonesia.