Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Maluku Mempertajam Ekonomi Syariah Melalui Salam Fest 2024

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi Maluku menggaungkan ekonomi dan keuangan syariah di provinsi tersebut melalui Sharia Lokal Economic Festival (Salam Fest) 2024 pada 3-4 Mei 2024.

“Saat ini kinerja ekonomi dan keuangan syariah terus menunjukkan pertumbuhan positif dan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Peningkatan kesadaran akan implementasi prinsip ekonomi syariah, baik dari sisi konsumen maupun pelaku industri, diyakini dapat menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Rawindra Ardiansah di Ambon, Ahad (5/5/2024).

Menurutnya, Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim memiliki visi untuk menjadi pusat industri halal di dunia melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dari berbagai sektor seperti makanan halal, pariwisata halal, dan sektor lainnya.

Bank Indonesia pada tahun 2024 terus mendorong kebijakan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah bersama dengan seluruh kementerian dan lembaga dengan memperkuat kebijakan dan implementasi ekonomi syariah di Indonesia.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku bersinergi dengan beberapa pemangku kepentingan terkait di daerah untuk mendukung ekonomi syariah di Maluku melalui berbagai program kerja. Hal ini dilakukan melalui program kerja yang meliputi penguatan ekosistem halal, penerapan gaya hidup halal, pembiayaan syariah untuk pelaku UMKM, dan penyaluran bantuan kepedulian sosial khususnya pada program berkah Ramadhan.

Salam Fest merupakan bukti nyata dari upaya Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPWBI) Maluku dalam menggaungkan produk dan kegiatan terkait ekonomi syariah di wilayah Maluku, sebagai bagian dari Road to Festival Syariah (FESyar) Regional Kawasan Timur Indonesia.

Gelaran Salam Fest 2024 merupakan pelaksanaan ketiga dengan tema “Sinergi memperkuat ekonomi dan keuangan Syariah untuk pertumbuhan ekonomi Maluku yang Inklusif”. Kegiatan Salam Fest 2024 berlangsung selama dua hari pada 3-4 Mei 2024 dengan rangkaian kegiatan seminar, perlombaan, expo, showcasing produk layanan keuangan syariah dan UMKM, serta penampilan musik.

Melalui Salam Fest 2024 dan sinergi antara Bank Indonesia dan berbagai pemangku kepentingan lainnya, diharapkan dapat meningkatkan literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah serta kapasitas produk dan pelaku usaha syariah untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Maluku.