Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Sport Tourism dapat Ditingkatkan melalui Kejuaraan Dunia Barongsai yang Diselenggarakan oleh Kemenpora

Kemenpora: Kejuaraan Dunia Barongsai Dapat Meningkatkan Pariwisata Olahraga | Garuda News 24

Atraksi Barongsai menyambut penumpang kereta cepat atau woosh yang baru datang, di Stasiun Kereta Cepat Padalarang, Kabupaten Bandung, Sabtu (10/2/2024). Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Samsudin mengatakan bahwa kejuaraan dunia barongsai atau 1st FOBI World Championship 2024 yang diselenggarakan pada 17-19 Mei di Britama Arena, Jakarta, dapat meningkatkan pariwisata olahraga di Indonesia. Ia mengapresiasi upaya Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut karena merupakan langkah konkret untuk memajukan olahraga barongsai di dalam negeri.

“Menjadi tuan rumah kejuaraan dunia barongsai diharapkan dapat memperkenalkan Indonesia kepada negara-negara peserta. Hal ini juga mendukung peningkatan pariwisata olahraga yang akan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional,” kata Samsudin melalui laman resmi Kemenpora yang dikutip dari ANTARA di Jakarta, Jumat (17/5/2024).

Menurut Samsudin, Kemenpora sangat mendukung dan menyambut baik inisiatif FOBI untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan dunia barongsai dengan harapan dapat meraih prestasi tinggi dan menjadi tuan rumah yang baik. Selain itu, lanjut Samsudin, tahun ini merupakan sejarah baru bagi olahraga barongsai di Indonesia karena akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 untuk pertama kalinya.

Ia juga menambahkan bahwa kejuaraan ini memberikan pengalaman berharga dalam pengembangan bakat dan membentuk karakter generasi muda yang berprestasi. Kejuaraan ini juga merupakan upaya pembinaan cabang olahraga untuk menghasilkan atlet dan tim nasional terbaik.

“Saya berharap kejuaraan ini akan melahirkan atlet-atlet terbaik yang berjuang keras untuk meraih prestasi di cabang olahraga barongsai, baik di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

1st FOBI World Championship 2024 diikuti oleh 10 negara dengan total 550 atlet. Klub-klub barongsai dari luar negeri yang diundang adalah tim-tim jawara di negara masing-masing. Pada kejuaraan ini, terdapat tiga kategori yang dipertandingkan. Kategori pertama adalah Barongsai (Southern Lion Dance) yang memperebutkan Piala Presiden, kategori kedua adalah Pekingsai (Northern Lion Dance) yang memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga. Sementara itu, kategori terakhir adalah Naga (Dragon Dance) yang memperebutkan Piala Menteri Pertahanan.