Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Pemda Terus Meningkatkan Persiapan Upacara Harlah Pancasila di Blok Rokan

Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru terus mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 di Blok Rokan. Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, mengimbau jajarannya untuk memperhatikan keamanan dan kebersihan Kota Pekanbaru.

“Ini menjadi perhatian utama bagi kita, karena Presiden beserta para menteri juga akan hadir. Oleh karena itu, kita harus siap sebagai tuan rumah, terutama dalam masalah keamanan dan kebersihan,” kata Risnandar dalam rapat koordinasi virtual dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan lurah.

Risnandar menegaskan bahwa TNI, Kepolisian Daerah Riau beserta jajaran polres dan polsek telah siap mengamankan acara tersebut. Oleh karena itu, fokus pekerjaan selanjutnya adalah memastikan kebersihan lingkungan. Menurutnya, kebersihan merupakan hal yang terlihat secara langsung dan merupakan salah satu hal pertama yang akan dilihat oleh tamu yang berkunjung ke Pekanbaru.

Oleh karena itu, Risnandar memerintahkan OPD teknis, camat, dan lurah untuk serius menangani masalah kebersihan. Ia juga meminta camat dan lurah untuk melibatkan pengurus RT, RW, dan masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungan kerja masing-masing.

Pada Sabtu, 25 Mei, Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto dan Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca meninjau lokasi upacara di Blok Rokan. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah kondisi lokasi jika diguyur hujan sehari sebelum acara. Karena lokasi upacara didominasi oleh tanah gambut, sehingga berpotensi licin setelah hujan.

“Hal ini akan segera kami koordinasikan terkait langkah yang akan diambil, apakah akan diberi semen atau ada opsi lainnya. Mengingat adanya rangkaian acara selain upacara Pancasila,” ujar Hariyanto.

Setelah meninjau lokasi upacara Hari Lahir Pancasila, Hariyanto beserta Danrem dan rombongan juga meninjau Bandara Pinang Kampai di Dumai dan jalan yang akan dilewati Presiden. Tujuannya adalah memastikan bahwa jalan tersebut dalam kondisi baik dan tidak rusak.