Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Menteri Budi Karya Mengatakan Uji Coba Kereta Otonom di IKN Akan Dilakukan pada Agustus 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali meninjau lokasi pembangunan kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin, 3 Juni 2024.

Menteri Budi mengatakan, uji coba ART akan dilakukan setelah pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat selesai sekitar Agustus 2024. “Insya Allah, jalur ART yang sudah ada bisa diuji coba pada Agustus nanti,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, Senin, 3 Juni 2024.

Menurut dia, Jalan Sumbu memiliki enam jalur lalu lintas. Ada satu lajur khusus bus dan ART. Jalan yang telah rampung dibangun itu punya tekstur sangat halus. Dia menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) karena sudah menyelesaikan pembangunan jalan untuk jalur ART di pusat IKN.

Dia mengklaim, tekstur Jalan Sumbu sangat halus dan memiliki kelenturan luar biasa. “Hal ini akan membuat nyaman para pengendara dan penumpang yang melintas,” tutur Budi.

Menurut Budi, IKN dirancang sebagai kawasan yang menerapkan konsep kota cerdas berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan. Kehadiran ART di IKN sejatinya sesuai prinsip hijau dan berkelanjutan. Sebab mampu meningkatkan efisiensi serta keamanan dalam mobilitas. “Dan tak kalah penting ramah lingkungan.

Selain itu, kata Menteri Budi, ART dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Alhasil kendaraan ini ampuh mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi. Dia berharap IKN dapat menjadi pelopor kota berbasis transportasi cerdas di Tanah Air.

“Semoga IKN bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas,” ucap Budi di IKN. Kunjungan itu dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal Kereta Api Jujun Endah Wahjuningrum dan Direktur Lalu Lintas Kereta Api Arif Anwar.

Exit mobile version