Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Protes Massa di Kedubes AS Bubar, Jl Medan Merdeka Selatan Dibuka untuk Mendukung Palestina

Jakarta

Massa aksi dari Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis (KIBBM) selesai menggelar aksi solidaritas bela Palestina di depan Kedubes AS, Jakarta Pusat. Massa membubarkan diri dan meninggalkan lokasi aksi.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (1/6/2024), pukul 10.40 WIB, Jalan Medan Merdeka Selatan arah Balai Kota DKI Jakarta kembali dibuka. Jalan itu sempat ditutup saat massa KIBBM menggelar aksi di depan Kedubes AS.

Pengendara tampak kembali melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan. Barier yang sebelumnya menutup akses jalan itu juga telah dipinggirkan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Massa aksi juga telah membubarkan diri dari lokasi aksi. Mereka meninggalkan Kedubes AS sembari membawa atribut aksi yang dibawanya, seperti syal dan bendera Palestina.

Ragam Cerita Warga

Seperti diketahui, massa dari KIBBM menggelar Aksi Solidaritas Bela Palestina di depan Kedubes AS, Jakarta Pusat. Salah seorang peserta aksi, Yeni (45), mengaku sudah melakukan boikot produk Israel, seperti pasta gigi dan sabun, sebagai bentuk dukungan untuk Palestina.

“Sudah, insyaallah sudah berjalan. Mengganti pasta gigi, sabun, ini kalau kita termasuk membiasakan ke anak-anak lihat produknya,” kata Yeni di Kedubes AS, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2024).

Yeni mengatakan serangan Israel ke Palestina sudah di luar batas kemanusiaan. Menurutnya, apa yang terjadi di Palestina bukan berbicara tentang umat Islam melainkan tentang kemanusiaan.

“Ya tentunya kalau dari sisi kemanusiaan sudah di luar batas kemanusiaan ya, yang mana genosida itu mereka lakukan tanpa mempertimbangkan unsur kemanusiaan sama sekali, walaupun sudah banyak di belahan bumi, di luar Indonesia pun sudah banyak yang menyuarakan ini sudah di luar batas kemanusiaan. Bukan hanya Gaza, Palestina, yang mereka bombardir, tapi ini pengungsian, anak-anak, wanita yang seharusnya di luar dari yang mereka jadikan tujuan pembantaian, mereka bantai juga, itu kan sudah, kita tidak lagi bicara tentang umat Islam, tapi sudah bicara tentang kemanusiaan,” ujarnya.

Dia berharap Indonesia terus memberikan dukungan penuh ke Palestina. Dia berharap diplomasi terus dilakukan.

Suami Yeni, Sigit (45) mengatakan serangan yang dilakukan Israel ke Palestina semakin menjadi-jadi. Dia mengatakan hal itulah yang menjadi alasannya mengikuti aksi bela Palestina di Kedubes AS tersebut.

(mib/whn)

Exit mobile version