Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Traffic Light Dekat Istana Presiden Sudah Berfungsi Lagi Setelah Sempat Tidak Berfungsi

Jakarta

Lampu lalu lintas atau traffic light di Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, tepatnya di belakang Istana Negara, telah berfungsi kembali. Diketahui ‘lampu merah’ di lokasi itu sempat tidak berfungsi pagi tadi.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (15/6/2024) pukul 13.15 WIB, lampu lalu lintas sudah berfungsi seperti biasa. Pengendara pun tampak tertib melaju sesuai aba-aba dari lampu lalu lintas yang ada.

Kepala Satuan Pelaksana Operasional Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Alfath Yogatama, mengaku memang sempat terdapat permasalahan pada objek lampu lalu lintas di lokasi itu. Namun, dia memastikan, pihaknya telah turun langsung mengecek dan mengatasi hal itu.


IKLAN


GULIRKAN UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Jadi relay contractor buat output-nya lemah karena voltasenya tidak sesuai yang diperlukan. Kemudian dilakukan jumper agar output sesuai kembali,” jelas Yoga.

Traffic light di dekat Istana kembali berfungsi (Rumondang Naibaho/detikcom).

Yoga tidak menjelaskan sejak kapan traffic light di lokasi itu tidak berfungsi. Namun dia mengklaim selalu memantau berkala fungsi dan kelayakan setiap objek alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL)

“Sebelumnya berfungsi, karena kebetulan juga saya setiap ke kantor lewat jalan itu. Jadi, kalau permasalahan pada lampu lalu lintas biasanya tim teknisi mengecek dahulu di lapangan, bisa saja karena di bagian unit lampunya sendiri, bisa dari boks control,” jelas Yoga.

“Tim teknisi UP SPLL setiap hari selalu mobile guna memastikan APILL berfungsi, baik dari hasil laporan langsung maupun dari aplikasi Pemprov DKI, dalam hal ini Cepat Respons Masyarakat (CRM),” pungkasnya.

Traffic Light Sempat Mati

Sebelumnya, pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (15/6/2023) pukul 10.00 WIB, lampu lalu lintas di kawasan itu memang terlihat tidak berfungsi. Sementara itu, kondisi jalan terpantau cukup ramai kendaraan yang berlalu lalang.

Melihat ‘lampu merah’ yang mati, sejumlah pengendara tampak menurunkan kecepatannya saat mendekati persimpangan jalan. Mereka juga melihat ke arah kanan, kiri, dan depan untuk memastikan lajunya aman.

Namun ada juga pengendara yang malah melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Tindakan itu disusul oleh klakson oleh pengendara lainnya.

Selain pemandangan itu, terlihat pula beberapa pejalan kaki yang tampak kesulitan menyeberang jalan. Sehingga mereka harus berjalan dengan pelan sambil menjulangkan tangan sebagai permintaan untuk diberi jalan.

(ond/lir)

Exit mobile version