Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Purnawirawan Jenderal TNI Aloysius Benedictus Mboi

Love Your People, Use Your Common Sense

Dokter Ben Mboi adalah seorang mantan tentara dan gubernur Nusa Tenggara Timur yang dikenal di kalangan TNI sebagai seorang dokter militer yang ikut terjun dengan pasukan baret merah di Merauke saat operasi pembebasan Irian Barat. Dalam pengalamannya, beliau memiliki banyak kisah yang menarik, termasuk saat terjun dari pesawat Hercules.

Beliau menceritakan tentang kejadian saat panglima komando Mandala, Mayor Jenderal TNI Soeharto, melepas pasukan yang dipimpin oleh Kapten Benny Moerdani, termasuk dirinya, untuk terjun di daerah Merauke. Dalam sambutannya, Pak Harto menyampaikan bahwa kemungkinan mereka tidak akan kembali lebih dari 50%, namun tidak ada satupun yang ragu-ragu untuk terjun.

Menurut Pak Ben Mboi, jika diberi waktu lebih dari 5 menit, mungkin banyak yang akan ragu untuk terjun. Hal ini menunjukkan semangat heroik yang melanda seluruh bangsa Indonesia saat itu.

Setelah pensiun, anak buahnya baru menyadari bahwa beliau tidak memiliki rumah. Mereka kemudian menggalang dana dan dukungan untuk membangun rumah bagi Pak Ben Mboi sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian beliau selama bertahun-tahun.

Pak Ben Mboi memberikan dua anjuran bagi pemimpin, yaitu mencintai rakyat dan menggunakan akal sehat. Hal ini sangat mendalam bagi Prabowo Subianto, yang kemudian menjadikannya pegangan dalam kepemimpinannya. Dari situlah dia belajar pepatah Jawa “Ojo Rumongso Iso, Nanging Iso Rumongso,” yang berarti pemimpin tidak hanya bisa tetapi harus bisa merasakan perasaan, penderitaan, dan kebutuhan orang lain.

Pesan dari Pak Ben Mboi, “Love Your People, Use Your Common Sense,” sangat berkesan dan menjadi pegangan Prabowo Subianto dalam kepemimpinannya.

Source link