Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Erupsi Gunung Ruang Memaksa Penutupan Bandara dan Evakuasi Warga

Jakarta – Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), kembali erupsi dini hari tadi. Peristiwa ini membuat Bandara Sam Ratulangi (Samrat) dan Bandara Djalaluddin Gorontalo ditutup sementara hingga ribuan warga dievakuasi.

Dirangkum detikcom, Selasa (30/4/2024), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Ruang kembali naik jadi level IV atau awas. Gunung Ruang erupsi pukul 02.35 WIB.

Erupsi terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi 600 detik. Dilaporkan juga tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak.

” Tingkat aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, dinaikkan dari level III (Siaga) ke level IV (Awas),” demikian informasi PVMBG lewat akun X.

Bandara Samrat Tutup Sementara

PT Angkasa Pura I Bandara Samrat ditutup sementara pagi tadi. Hal itu imbas semburan abu vulkanik Gunung Ruang yang kembali meletus dini hari tadi.

“Melihat semburan abu vulkanik yang sampai di Bandara Samrat, maka sesuai dengan Notam untuk sementara kami tutup,” kata GM Bandara Samrat Maya Damayanti, di Manado, dilansir Antara, Selasa (30/4).

Dia mengatakan berdasarkan pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Fuang dan Notam: A1144/24 NOTAMN, demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan operasional Bandara Samrat ditutup sementara sampai dengan pukul 12.00 Wita hari ini.

“Kami menutup sementara aktivitas penerbangan dari dan menuju Manado hingga sebentar siang,” katanya.

Bandara Djalaluddin Gorontalo Ikut Ditutup Sementara

Aktivitas penerbangan Bandara Djalaluddin di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, ditutup sementara. Penutupan dilakukan sejak pagi tadi hingga pukul 16.00 Wita.

Kepala Bandara Djalaluddin Gorontalo, Joko Harjani, mengatakan penutupan sementara tersebut dilakukan sesuai hasil pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Ruang yang berdampak hingga ke Bandara Djalaluddin.

“Karena terdampak abu vulkanik Gunung Ruang, Bandara Djalaluddin Gorontalo dinyatakan ditutup hari ini, tanggal 30 April 2024, mulai pukul 10.00 Wita sampai dengan 16.00 Wita,” ucap Joko dilansir Antara, Selasa (30/4).

Erupsi Gunung Ruang di Sulut, yang saat ini telah meluas hingga ruang udara Bandara Djalaluddin Gorontalo, kata Joko, mengganggu keselamatan penerbangan di wilayah Provinsi Gorontalo.

“Perkembangan informasi terkait penutupan sementara Bandara Djalaluddin Gorontalo akan disampaikan secara berkala melalui media sosial resmi Bandara,” kata Joko.