Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

UMM Menyelenggarakan Pelatihan Memotong Daging Kambing dan Bebek serta Mendapatkan Sertifikat Juleha.

Pusat Studi Penelitian dan Pengembangan Produk Halal Universitas Muhammadiyah Malang (PSP3-Halal UMM) telah mengadakan pelatihan dan sertifikasi juru sembelih halal (juleha). Kerja sama antara UMM dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur (Jatim) ini diikuti oleh sekitar 150 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Pelatihan tersebut juga mencakup praktik penyembelihan dua ekor kambing, 10 ekor ayam, dan 10 ekor bebek secara syar’i. HM Atho’illah Wijayanto, anggota Komisi Fatwa MUI Kota Malang, menjelaskan tata cara dan manfaat penyembelihan hewan secara syar’i.

Menurutnya, penyembelihan secara syar’i merupakan upaya untuk ‘memperbaiki’ daging hewan. Daging hewan yang tidak disembelih akan mengandung darah yang dapat membuatnya kotor.

Proses penyembelihan dalam Islam melibatkan menyebut nama Allah sebelumnya dan menggunakan alat tajam seperti pisau. Penyembelihan dengan menggunakan gigi, kuku, atau tulang tidak diperbolehkan.

Ada empat tata cara penyembelihan hewan secara syar’i, di antaranya adalah memastikan hulqum (saluran pernafasan) dan mari’ (saluran makanan) terputus, penyembelih harus beragama Islam, binatang yang disembelih haruslah halal, dan alat yang digunakan haruslah tajam seperti pisau.

Ketua PSP3-Halal UMM, Prof Dr Elfi Anis Saati, menekankan pentingnya juleha yang telah bersertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam mendukung sertifikasi halal untuk rumah potong hewan (RPH). Dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia, diperlukan lebih banyak juleha yang tersertifikasi Halal BNSP.

Menurut survei, hanya 15% RPH yang tersertifikasi halal dan angka ini masih tergolong kecil untuk memenuhi permintaan produk halal di Indonesia. Oleh karena itu, universitas memiliki tanggung jawab untuk meluluskan lebih banyak juleha yang bersertifikat BNSP.

Pemahaman tentang halal sangat penting untuk mendukung implementasi Undang-Undang Jaminan Produk Halal dan Industri Halal. PWM Jatim mendorong kegiatan serupa di 38 kabupaten/kota se-Jatim guna mendukung Indonesia sebagai pusat halal dunia.

Sumber: https://garudanews24.id/berita/pendidikan/umm-gelar-pelatihan-sembelih-kambing-hingga-bebek-dan-sertifikasi-juleha/