Berita politik prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Hasil Survei SPIN: Pasangan Prabowo-Gibran Memimpin dengan Lebih dari 50,9% Suara

Hasil survei elektabilitas yang dilakukan oleh Lembaga survei SPIN menunjukkan bahwa pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan elektabilitas mencapai 50,9% menjelang Pilpres 2024. Survei ini dilaksanakan pada 8-14 Januari 2024 dengan melibatkan 2.178 responden menggunakan metode multistage random sampling di 38 provinsi Indonesia.

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara, menjelaskan bahwa elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran terus meningkat dan berpotensi untuk memenangkan satu putaran pada Pilpres 2024. Namun, pasangan calon lainnya mengalami degradasi dalam survei tersebut, terutama pasangan Anies-Muhaimin. Koreksi dukungan tersebut yang terlihat merupakan dampak dari gaya debat Anies yang menyerang Prabowo.

Survei lain yang dilakukan sebelumnya oleh SPIN juga menunjukkan bahwa kontribusi signifikan Gibran Rakabuming Raka terhadap elektabilitas Prabowo. Selain itu, survei juga mencatat bahwa suara pemilih Jokowi cenderung akan mengarah ke Prabowo-Gibran, mengingat keberadaan Gibran di Koalisi Indonesia Maju bersama Prabowo akan direpresentasikan sebagai sosok Jokowi.

Selain itu, survei juga menunjukkan bahwa dukungan dari berbagai generasi juga mempengaruhi elektabilitas pasangan calon. Generasi Z lebih memilih Prabowo dan Gibran, sedangkan Generasi Y memberikan dukungan tinggi pada pasangan Prabowo-Gibran. Adapun Generasi X, Baby Boomers, dan Pre Baby Boomers juga memiliki preferensi masing-masing.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024, dengan pasangan Prabowo-Gibran nomor urut 2. Masa kampanye akan dimulai pada 28 November 2023, dan pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024.

Source link